Cara membuat donat kentang

Cara Membuat Donat Kentang

cara membuat bolu kukus

cara membuat kue nastar

cara membuat kue kering

cara membuat cireng

cara membuat nugget

martabak manis

Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Aneka Kue Tradisional Kreatif Unik Praktis

2 Kunci Sukses Penyajian puding yang lezat dan higienis

2 Kunci Sukses Penyajian puding yang lezat dan higienis

2 kunci sukses penyajian puding
Puding merupakan salah satu hidangan penutup yang selalu menjadi primadona karena bentuknya yang dapat dikreasikan sesuai dengan selera, sehingga penampilannya pun terlihat menarik dengan aneka bentuk cetakan, gelas, ataupaun pinggan tahan panas. puding dapat disajikan dengan dua cara, yaitu disajikan dalam keadaan dingin atau dalam keadaan panas.
berikut ini tips yang dapat dijadikan acuan untuk membuat puding dingin dan puding panas agar hasil yang kita buat memuaskan

Tips membuat puding dingin yang  lezat dan higienis
  1. basahi cetakan atau loyang dengan air terlebih dahulu supaya puding dapat dengan mudah dikeluarkan.
  2. untuk menghasilkan puding yang mengeras dengan baik dan sempurna, untuk satu bungkus agar-agar (7-10 gram) membutuhkan cairan sebanyak 750 ml dan jika cairan yang digunakan mengandung asam, takaran cairan yang digunakan adalah 500 ml
  3. bila puding menggunakan bahan pengental seperti tepung maizena dan custard powder, sebaiknya tepung dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit susu atau air, agar tepung tidak menggumpal.
  4. apabila kita membuat puding buah berlapis, caranya atur buah-buahan di dasar cetakan yang telah dibasahi air, lalu tuang larutan puding sedikit demi sedikit agar buah-buahan tidak terangkat ke atas dan tuangkan lapisan berikutnya setelah permukaan lapisan pertama mulai mengeras.
  5. bula puding yang kita buat menggunakan cairan susu, krim atau santan, sebaiknya setelah dingin langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin karena bahan yang mengandung lemak tinggi, mikroorganisme mudah aktif, maka puding hanya bertahan selama 2-3 hari dalam lemari pendingin, selebihnya waktu tersebut puding akan basi. 

Tips Membuat Puding Panas yang lezat dan higienis :
  1. Kunci sukses membuat puding panas terletak pada cara memanggang, karena itu setelah adonan dituang dalam pinggan tahan panas, masih perlu dimasukkan dalam loyang yang lebih besar yang berisi air. kemudian baru dipanggang, cara memanggang ini dikenal dengan istilah au bain marie.
  2. bila puding panas diproses dengan cara dikukus, bungkus tutup panci kukusan dengan serbet bersih agar air tidak menetes pada proses mengukus berlangsung.
  3. olesi cetakan dengan margarin kemudian baru tuangkan adonan. tutup cetakan dengan aluminium foil agar hasil setelah matang, permukaan puding akan tetap rata dan tidak bergelombang karena proses pemanggangan.
  4. sebaiknya gunakan cetakan puding panas yang berukuran kecil saja agar penampilannya lebih menarik dan cantik.
  5. hasil puding panas yang baik, teksturnya amat lembut dan meleleh di lidah. untuk itu adonan susu, gula dan telur perlu disaring terlebih dahulu dengan saringan yang agak rapat agar adonan bebas dari kotoran gula atau serat lendir dari telur. 
sumber : tabloit 100 resep puding coklat (dapur-alma)

Artikel yang berhubungan




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at Cara Membuat Donat Kentang dan Bolu Kukus 22.44 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar